Thursday, April 1, 2021

Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama yang Sering Terabaikan

 

Tanda Kehamilan

Bagi para pasangan suami istri, tentu memiliki momongan menjadi berita yang dinanti-nantikan. Sayangnya terkadang banyak wanita yang sering mengabaikan kehamilan di minggu pertama karena gejala yang dialami terkadang tidak signifikan. Berikut tanda tanda kehamilan yang bisa menjadi perhatian penting untuk anda yang sedang menunggu kehadiran buah hati.


Beberapa Tanda Adanya Kehamilan Minggu Pertama

Sebenarnya, pada kehamilan minggu pertama anda belum benar-benar dikatakan hamil. Hal ini dikarenakan kehamilan dihitung selama 40 minggu sejak hari pertama haid terakhir. Dimana kehamilan baru akan terjadi ketika tubuh melepaskan sel telur yang berasal dari ovarium. Waktu terjadinya pun ada pada kisaran minggu ke 2 atau awal minggu ke 3.


Tanda adanya kehamilan pada minggu pertama yaitu diantaranya ada rasa perut kembung, mual hingga muntah-muntah, munculnya jerawat serta rasa sakit di kepala. Namun tidak hanya itu saja, biasanya juga anda akan mengalami ngidam atau nafsu makan yang meningkat pada beberapa makanan tertentu. 


Tanda tanda kehamilan lainnya yaitu adanya perubahan suasana hati serta merasakan kecemasan yang berlebih. Seperti tiba-tiba senang, marah ataupun sebal. Tidak hanya itu, anda juga akan sering merasakan kelelahan. Padahal anda tidak sedang melakukan hal-hal berat yang menyebabkan anda kelelahan. 


Cara Untuk Mempersiapkan Tubuh Untuk Kehamilan

Cara pertama sangatlah mudah, yaitu dengan cara mengetahui kapan masa subur anda. Yang mana ketika tubuh sudah melepaskan sel telur selama ovulasi, hanya memiliki waktu kisaran 12 hingga 24 jam untuk hidup. Maka dari itu, pada waktu inilah sel telur harus bertemu dengan sperma. Namun jika tidak, anda tidak memiliki potensi untuk mengalami kehamilan. 


Selanjutnya yaitu anda bisa mengonsumsi vitamin prenatal yang biasanya dianjurkan oleh dokter kandungan bagi anda yang sedang hamil ataupun untuk anda yang sedang mencoba untuk mendapatkan momongan. Asam folat adalah vitamin prenatal yang memiliki peran paling penting untuk masa kehamilan anda. 


Dengan mengonsumsi vitamin prenatal akan dapat membantu anda mencegah masalah yang serius atau disebut juga dengan cacat lahir tabung saraf. Maka dari itu, anda perlu menambahkan asam folat ke dalam asupan harian. Apalagi saat ini anda sedang mengalami  tanda tanda kehamilan.


Kandungan vitamin prenatal selain adanya asam folat, tetapi juga adanya zat besi yang baik untuk tubuh. Selain itu ada pula kalsium, yaitu mineral yang sangat penting untuk membangun tulang. Dimana kalsium juga dapat digunakan untuk menjaga sistem kesehatan saraf, hormon, dan juga membantu otot untuk berkontraksi.


Yang terakhir yaitu dengan cara konsumsi banyak air mineral namun bukan minuman alkohol. Hal ini menjadi kewajiban karena anda dituntut untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk kesehatan ibu dan bayi. Namun tidak jarang juga ditemui ada beberapa ibu yang sering mengonsumsi minuman alkohol. Sehingga ketika hamil, akan merasa sangat sulit untuk tidak meminum minuman beralkohol.


Menurut artikel mengenai kehamilan di Halodoc yang merupakan aplikasi kesehatakamu, menghindari minuman alkohol harus dilakukan demi kesehatan sang bayi untuk kedepannya. Anda juga perlu mengurangi minuman manis yang tentu memiliki dampak buruk bagi kesehatan bayi dan juga ibu yang sedang mengandung. Ada baiknya anda memperbanyak minuman air putih agar meningkatkan cairan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.


Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda dalam masa program kehamilan atau sedang menjalani fase kehamilan. Cara-cara untuk mempersiapkan tubuh menghadapi kehamilan juga sebaiknya dengan perlahan anda lakukan agar bayi mendapatkan kesehatan yang optimal dari masa di kandungan hingga proses melahirkan nantinya.

No comments:

Post a Comment