Friday, October 1, 2021

Biaya Ongkir ke Amerika, Mahalkah? Cek di Sini!

Biaya Ongkir Amerika

 

Biaya pengiriman atau yang biasa disebut dengan ongkir merupakan salah satu pertimbangan penting ketika seseorang ingin mengirimkan barang ke suatu tempat. Tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk melakukan perbandingan harga terlebih dahulu sebelum memilih ekspedisi. Lantas, apakah ongkir ke Amerika termasuk ongkir yang mahal? Yuk cek di sini!


Benarkah Ongkir ke Luar Negeri Lebih Mahal?

Ketika anda melakukan perbandingan biaya kirim antar daerah di Indonesia dengan luar negeri tentu akan lebih mahal biaya kirim ke luar negeri. Namun, hal ini tentu saja bukan tanpa alasan karena ada beberapa pertimbangan biaya lain yang harus dibayarkan. Mahal tidaknya tentunya sangat relatif karena regulasi dan peraturan di tiap negara berbeda, termasuk kurs mata uang.


Hal lain yang mempengaruhi biaya kirim ke luar negeri adalah pajak yang diterapkan. Sebab, ada beberapa negara yang belum memberlakukan bebas pajak, sehingga ada biaya tambahan yang perlu anda bayarkan. Sama halnya dengan biaya pengiriman di Indonesia, jarak juga sangat menentukan apakah biaya yang harus anda bayarkan mahal atau murah.


Yang jelas, mahal dan murah di sini terbilang sangat relatif karena ada beberapa biaya tambahan yang harus anda bayarkan. Begitu pula dengan ongkir ke Amerika, ada biaya tambahan yang harus anda bayarkan, seperti pajak barang. Selain itu, barang yang sudah tiba di Amerika tentu memerlukan kurir untuk mengirimkan ke lokasi tujuan.


Hal-Hal yang Mempengaruhi Ongkir ke Luar Negeri

Di balik banyaknya keluhan tentang mahalnya ongkir ke luar negeri, tentu ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal tersebut. Beberapa hal tersebut adalah kurs mata uang, pajak yang berlaku di negara tujuan, jarak negara tujuan, volume atau berat barang, jalur pengiriman barang, dan jenis barang yang dikirim.


Seluruhnya memberikan pengaruh terhadap mahal tidaknya biaya pengiriman yang harus anda bayarkan. Kurs mata uang dari dolar terhadap rupiah sangat berpengaruh terhadap biaya kirim suatu barang ke luar negeri. Ketika kurs dolar terhadap rupiah sedang naik, maka ongkir yang perlu anda bayarkan juga mengalami kenaikan.


Hal ini juga berlaku untuk ongkir ke Amerika dimana kurs Amerika terhadap Indonesia telah mencapai sekitar Rp 15 ribu. Faktor selanjutnya adalah pajak dan jarak dari negara tujuan dimana masih ada beberapa negara yang belum membebaskan pajak untuk barang yang masuk dari luar negeri. Semakin jauh jarak negara yang menjadi tujuan, maka biaya kirim juga akan semakin tinggi.


Berapa Biaya Kirim ke Amerika?

Kini mengirim barang ke Amerika sudah dapat dilakukan dengan mudah menggunakan kilo.id. Terkait biaya kirim sangat bergantung pada seberapa berat barang yang anda kirimkan dan layanan yang digunakan. Secara umum, semakin berat barang kiriman anda, maka semakin murah biaya per kg yang perlu anda bayarkan.


Layanan yang tersedia ada ECO, PrioRity, Premium, dan Air Cargo. Dari keempat layanan tersebut, ongkir ke Amerika yang paling murah dimiliki oleh Air Cargo dengan estimasi waktu tiba yang lebih lama juga. Setelah itu, disusul oleh ECO, PrioRity, dan Premium. Akan tetapi, harga yang tertera di website kilo.id masih belum termasuk pajak, fumigasi, remote area, dan VAT.


Mahalnya ongkir ke luar negeri dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk regulasi dan peraturan negara tujuan. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan lengkap, anda bisa langsung berkunjung ke website resmi kilo.id. Ada banyak informasi yang anda butuhkan terkait pengiriman barang ke Amerika.


No comments:

Post a Comment