Thursday, October 28, 2021

Penyetoran Pajak Menggunakan Aplikasi e-Billing

 

Aplikasi Ebilling

Menurut Ditjen Pajak, e-Billing adalah sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan terlebih dahulu membuat billing ID atau kode billing. Kode billing sendiri merupakan sandi yang diterbitkan melalui sistem tagihan untuk suatu jenis pembayaran atau setoran yang harus dibayar oleh Wajib Pajak yang menggunakan aplikasi ebilling


Sistem ini secara elektronik mengumpulkan semua penerimaan negara dalam mata uang rupiah dan mata uang asing secara elektronik. Jenis pajak yang dikelola DJP melalui penerapan fiskal sistem e-Billing adalah pajak pusat berupa pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak bumi dan bangunan untuk sektor P3 (pertambangan, Perhutanan dan perkebunan).


Dengan sistem penegakan pajak sistem e-Billing ini, semua Wajib Pajak tidak perlu repot lagi mengisi Surat Setoran Pajak (SSP), Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP), dan Surat Setoran Pengembalian Belanja (SSPB). Setiap Wajib Pajak bisa menggunakan aplikasi Klik Pajak untuk memudahkan proses sistem e-billing ini dalam pelaporan pajak.


Aplikasi Klik Pajak e-Billing

Anda sebagai Wajib Pajak dapat menggunakan Surat Setoran Elektronik (SSE) untuk menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan pembayaran pajak online terutama bagi yang menggunakan aplikasi e-billing Klik Pajak. 


Aplikasi Sistem e-Billing Pajak yang diresmikan pada tanggal 1 Januari 2016, merupakan metode melakukan penagihan identitas dan pembayaran pajak secara online dalam satu aplikasi terintegrasi yang disediakan oleh penyedia layanan aplikasi resmi DJP. Dengan e-Billing, Anda akan mendapatkan kode billing setelah mengisi formulir pelaporan pajak (SSP) online.


Sebelum membayar atau menyetor pajak kepada kas negara, DJP harus membuat kode billing sebagai syarat untuk membayar pajak. Setelah mendapatkan kode billing dari DJP, langkah selanjutnya adalah membayar atau menyetorkan pajak melalui ATM, internet banking, teller bank atau melalui pos. 


Prinsip e-Billing

Prinsip e-Billing sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sistem saat kita memesan tiket pesawat secara online yaitu memilih tanggal, memasukkan data yang diperlukan, mendapatkan kode pembayaran kemudian melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera dan kode pembayaran yang didapatkan. 


Karena dengan sistem pembayaran pajak online ini maka proses pembayaran pajak akan menjadi lebih mudah, cepat dan akurat. Kini Anda juga sudah dapat membuat kode billing dan membayar tagihan melalui virtual bank account dalam satu platform di e-Billing Klik Pajak. Dengan mengunjungi Klikpajak.id, Klik Pajak akan menerbitkan kode billing yang resmi dari DJP dan Anda dapat membayar pajak secara langsung tanpa keluar dari platform.


e-Billing Klik Pajak telah terintegrasi dengan bank yang ditunjuk DJP untuk menerima pembayaran atau penyetoran pajak. Melalui e-Billing Klik Pajak, Anda bisa membuat kode billing semua jenis kode rekening pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis. Semua ID billing dan riwayat SSP akan disimpan dengan aman berdasarkan jenis dan periode fiskal yang diinginkan. 


Demikian pula Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) akan tersimpan rapi dan aman di fungsi arsip pajak di Klik Pajak. Sistem e-Billing akan memandu Anda Anda dalam mengisi dan menyusun Setoran Pajak Elektronik (SSP) yang benar berdasarkan transaksi yang akan dilakukan. Apabila penyetoran pajak telah selesai, Anda akan langsung menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) resmi. 


Aplikasi e-billing Klik Pajak menawarkan jenis pembayaran pajak dalam tahun berjalan dan pada akhir tahun pajak. Dengan ini maka Anda sebagai Wajib Pajak bisa melakukan penyetoran pajak sesuai dengan yang dibutuhkan.


No comments:

Post a Comment