Wednesday, October 13, 2021

Tahapan perkembangan motorik berdasarkan umur

 

Perkembangan Motorik Anak Usia Dini

Perkembangan motorik merupakan perkembangan yang terjadi begitu cepat pada bayi. Secara garis besar, bayi yang tadinya hanya bisa menangis dan tertawa akan sudah bisa melangkahkan kakinya walau hanya beberapa langkah di tahun pertamanya. Pesatnya perkembangan ini tentunya akan sangat penting untuk diperhatikan oleh pengasuhnya. Berikut adalah ulasan singkat mengenai perkembangan motorik anak usia dini


Perkembangan anak pada usia 1 sampai 2 tahun.

Pada masa ini motorik kasar anak sudah bisa untuk melakukan kegiatan tengkurap, merangkak, duduk, berdiri serta berjalan meski hanya beberapa langkah. Biasanya anak akan lancar berjalan minimal diusia 18 bulan. Mendekati umur 2 tahun, kemampuan motorik mereka akan menigkat pesat. Bahkan mereka akan sudah bisa untuk mengkoordinasikan otot besarnya untuk kegiatan lain semisal melompat, dan menendang  serta melempar bola. Sedangnkan perkembangan motorik halusnya adalah sang bayi sudah mulai bisa mengambil barang yang ada disekitarnya. Menjelang umur 2 tahun, seiring dengan meningkatnya kemampuan mereka dalam mengkoordinasikan otot halus mereka, maka si bayi sudah bisa untuk memasukkan mainan kedalam wadahnya dan bisa menyusun balok menjadi beberapa tingkat.


Perkembangan anak usia 2-3 tahun

Setelah mulai lancar berjalan, anak diusia 2 tahun biasanya akan semakin aktif dalam bergerak. Perkembangan motorik kasar pada masa ini biasanya ditandai dengan mahirnya sang anak untuk berjalan maju mundur, melompat, serta berjongkok ketika mengambil barang yang ada dibawah mereka. Mendekati usia 3 tahun sang anak sudah bisa untuk berlatih keseimbangan dengan hanya berdiri di satu kaki walau hanya 1-2 detik. Untuk motorik halusnya, sang anak sudah bisa untuk mencoret-coret dengan membentuk suatu pola meskit tidak begitu jelas. Menjelang umur 3 tahun, kemampuan motorik halusnya sudah semakin meningkat. Mereka akan mampu menyusun balok sampi 6 tingkat atau lebih.


Umur 3 sampai 4 tahun.

Anak pada masa ini sudah mahir menyeimbangkan tubuhnya dengan hanya berdiri di satu kaki yang awalnya hanya mampu selama 1-2 detik, sekarang sudah sampai 3-4 detik. Selain itu mereka sudah bisa untuk memanjat pada masa ini. Biasa yang di panjat adalah anak tangka meski hanya beberapa. 


Pada motorik halusnya, si anak sudah bisa meniru gambaran orang lain dan sudah bisa menggambar beberapa pola seperti segitiga, kotak dan bulat. Kemampuan anak dalam menyusun balok pun sudah meningkat dari yang awalnya 6 sampai 8 sekarang menjadi lebih.

No comments:

Post a Comment